Wednesday, April 23, 2014
   
Text Size

Perintah Allah

Perintah Al Quran

Dengan mentadabburi tentang Firman Allah dalam al Quran surah al Anfal ayat 60, sebagai berikut :

“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat ( yang dengan persiapan itu ) kamu menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya”.

Pengkajian dan Pembahasan

Untuk memahami ayat tersebut diperlukan pengkajian terhadap beberapa perkataan penting, antara lain :

  1. Secara keseluruhan ayat tersebut adalah merupakan “amr lil ijab” (:wajib) dan dalam memahami perintah tersebut wajib mengesampingkan sikap nafsu manusia karena nafsu adalah sarang syaithon sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah an Nisa ayat 118 dan secara pasti akan mendorong kepada kejahatan  sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah Yusuf ayat 53.
  2. Perkataan “quwwatin” adalah isim naqiroh artinya bentuk umum untuk menjelaskan perihal “ribathil khoili” dalam bahasa kaum sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah Ibrohim ayat 4. Pada sisi strategi maka kaidah shoffan merupakan dasar pemahaman sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah ash Shof ayat 4, kemudian kaidah dari system al Quran wajib menjadi pokok pegangan sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah al Furqon ayat 52 sehingga mutlaq al Quran sebagai “minhaj” sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah al An’am ayat 153.
  3. Maksud “kuda yang disiagakan atau terlatih” secara maknawi adalah “upaya untuk mengusai system atau metode operasional atau minhaj” yang ditetapkan oleh al Quran dan sunnah RasulNya, mengingat bahwa management dari perkataan manage atau menege atau managgio atau managgiare yang berarti memerintah kuda atau mengendalikan kuda atau melatih kuda. Dengan itu dalam kaidah ilmu tafsir disebut “amtsal kaminah” yaitu perumpamaan yang terselubung.
  4. Maksud susunan kalimat yang berbunyi “wa a-khori-na min du-nihim la-ta’lamu-nahum” adalah juga merupakan amtsal kaminah yang dinyatakan bahwa Allah yang mengetahui terhadap mereka maksudnya adalah “sikap kafir mengerahkan 9 aktor intellectual dengan segala tipu daya jahat yang beralibi” yang dimotori oleh mafia sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah an Naml ayat 48 sampai dengan ayat 49.

Dengan yang tersebut maka “kekuatan” dalam Islam harus dibentuk melalui proses AL ITTIHAD ? AL ITTIFAQ ? MUDZAKARAH. Hal ini hanya akan dapat dilaksanakan oleh para `Ulama yang memahami keberadaannya sebagai Ulu Baqiyah sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah Hud ayat 116.

Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
:angry::0:confused::cheer:B)
:evil::silly::dry::lol::kiss:
:D:pinch::(:shock::X
:side::):P:unsure::woohoo:
:huh::whistle:;):s:!:
:?::idea::arrow:
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Latest News

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Latest Articles

  • Ujian Bagi Penuntut Ilmu Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada muridnya: "Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua buah lautan; atau aku akan berjalan...
  • MUSLIM ADALAH SATU Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam...
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Contact Information

Panitia Mudzakarah Ulama Serumpun Melayu
Komp. Yayasan AKUIS Pusat, Jl. Raya Palembang - Betung Km. 14 Sukajadi, Talang Kelapa, Banyuasin
Palembang, Sumatera Selatan 30761
Indonesia
+62-711-432479
Fax: +62-711-432479
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
Anda dapat menyalurkan infaq anda utk menunjang program panitia melalui: Bank Syari'ah Mandiri Capem 16 Ilir Palembang No. Rek: 0980010078

Site Counters

Visits today: 243
Visits yesterday: 167
Visits this month: 6457
Visits total: 46357
Max.daily visits: 624
Max.monthly visits: 10922
- occurred: 2014-3
Pages total: 324754
Data since: 2013-08-14
Banner
Banner
Banner
Banner

Who's Online

Saat ini ada 11 tamu online

Login Form