Thursday, April 17, 2014
   
Text Size

Kewajiban Bertadabbur al Quran

Dalil Kajian

Firman Allah tersebut dalam al Quran surah an Nahl ayat 63 dan ayat 64 sebagai berikut :

“Demi Allah! Sungguh pasti Kami mengutus (para utusan) kepada ummat-ummat sebelum kamu, maka syaithon menghiaskan untuk ummat itu amal kejahatan mereka, maka syaithon justru menjadi pemimpin mereka pada hari itu dan bagi mereka adzab yang pedih. Dan tidaklah Kami turunkan atasmu (Muhammad) kitab (al Quran) ini melainkan untuk kamu terangkan kepada mereka perihal yang mereka perselisihkan dalam (kehidupan mereka) itu dan (al Quran itu) sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang mengimani”.

Kajian dan Bahasan

Bahwa lafadz “qosam” (-tallahi-) adalah perihal keberadaan para Utusan Allah yaitu Rasul yang diletakkan ditengah kerusakan ummat dengan terlebih dahulu memperkenalkan “basis moral” sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah al Qolam ayat 3 sampai dengan ayat 5. Karena pada dasarnya harus menghadapi “wujud nyata dari kejahatan akhlaq” yang sengaja dihasung oleh syaithon sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah Maryam ayat 83 sebagai berikut :

“Tidaklah kamu lihat bahwa Kami telah mengutus syaithon itu atas orang-orang kafir untuk menghasung mereka dengan hasungan kejahatan”.

 

Maksudnya bahwa dengan hasungan syaithon maka mereka justru akan mendlohirkan berbagai bentuk kejahatan dari “nafsu hawa, ketakaburan iblis, kedengkian qobil maupun rayuab dajjal sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah al Hajj ayat 53, sehingga simunafiq dan orang Islam yang telah dikuasai oleh “unsur  emosional” dalam jiwanya akan menganggap terhadap orang yang mendakwahkan al Quran secara benar justru “dipandang sebagai berfikir sempit” seperti diterangkan dalam al Quran surah al Anfal ayat 49 yaitu :

“(Ingatlah) ketika orang-orang munafiq dan orang-orang yang ada penyakit didalam hatinya berkata : “Mereka itu (orang-orang yang beriman) ditipu oleh Diinnya”. (Allah berfirman) : “Barangsiapa yang tawakkal kepada Allah maka sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Hakim”.

Mereka yang beranggapan demikian itu adalah telah terkontaminasi oleh pengaruh kaum orientalisme yaitu Sizophrenia Cultural, sehingga mereka tidak sadar telah terikat oleh pola berfikir yang tidak benar antara lain dalam memahami al Quran mereka telah berkecenderungan kepada “subjectivisme historis” yang secara pasti akan memunculkan “sikap socio sentrisme” atau pemahaman yang dilandasi oleh “sikap ashobiyah” dan atau bahkan dilandasi oleh “realitas politik” yang secara pasti akan membuahkan perpecahan dalam kalangan ummat Islam sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah Ali Imron ayat 105. Inilah bentuk kekotoran hati yang siap memunculkan berbagai perilaku kezholiman, antara lain:

  1. Berbagai langkah untuk memuaskan nafsu ambisinya sebagaimana Allah terangkan dalam al Quran surah Yunus ayat 36.
  2. Berbagai tindakan penentangan terhadap Kebenaran yang dibawa oleh Rosulullah sebagaimana Allah terangkan dalam al Quran surah al Furqon ayat 30.
  3. Berbagai upaya untuk memecah belah ummat sebagaimana Allah terangkan dalam al Quran surah ar Rum ayat 32.
  4. Berbagai langkah ke arah semua bentuk hedonisme sebagaimana Allah terangkan dalam al Quran surah ad Dahr ayat 27.

Yang dengan itu syaithon hanya akan membawa manusia kearah krisis total atau yang disebut dengan istilah “ortodox dan dogma” yang menjadikan Islam sebagai symbol seremonial yang bila hanya dipandang perlu dan sewaktu-waktu diabaikan sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah al A’rof ayat 176.

Adapun al Quran itu dalam menghadapi berbagai peristiwa hukum yang tidak pernah berhenti, benar-benar telah mempersiapkan dirinya yaitu dengan melalui antara lain :

  1. Nash yang sangat jelas dan tersurat.
  2. Hukum-hukum munasabah.
  3. Makna yang tersirat dibalik yang tersurat.
  4. Pengertian amtsal.
  5. Hadits-hadits Rasulullah saw dengan derajat shohih.

Karena itu Allah telah menetapkan keberadaan RasulNya benar-benar diatas landasan Wahyu dan jauh dari kehendak diri pribadi sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah an Najm ayat 3 dan ayat 4. Inilah pentingnya aktivitas bertadabbur al Quran.

Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
:angry::0:confused::cheer:B)
:evil::silly::dry::lol::kiss:
:D:pinch::(:shock::X
:side::):P:unsure::woohoo:
:huh::whistle:;):s:!:
:?::idea::arrow:
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Latest News

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Latest Articles

  • Ujian Bagi Penuntut Ilmu Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada muridnya: "Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua buah lautan; atau aku akan berjalan...
  • MUSLIM ADALAH SATU Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam...
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Contact Information

Panitia Mudzakarah Ulama Serumpun Melayu
Komp. Yayasan AKUIS Pusat, Jl. Raya Palembang - Betung Km. 14 Sukajadi, Talang Kelapa, Banyuasin
Palembang, Sumatera Selatan 30761
Indonesia
+62-711-432479
Fax: +62-711-432479
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
Anda dapat menyalurkan infaq anda utk menunjang program panitia melalui: Bank Syari'ah Mandiri Capem 16 Ilir Palembang No. Rek: 0980010078

Site Counters

Visits today: 416
Visits yesterday: 464
Visits this month: 4639
Visits total: 44539
Max.daily visits: 606
Max.monthly visits: 10922
- occurred: 2014-3
Pages total: 318004
Data since: 2013-08-14
Banner
Banner
Banner
Banner

Who's Online

Saat ini ada 18 tamu online

Warning: strpos() [function.strpos]: Empty needle in /home/alulama/domains/al-ulama.net/public_html/components/com_joomlastats/joomlastats.inc.php on line 396

Warning: strpos() [function.strpos]: Empty needle in /home/alulama/domains/al-ulama.net/public_html/components/com_joomlastats/joomlastats.inc.php on line 458

Login Form