Friday, April 25, 2014
   
Text Size

Pengertian Fitrah

Petunjuk al Qur-an
Sebagai hamba Allah yang telah menerima “Nur Islam”, maka Allah telah mentapkan petunjukNya, bahwa ”kaidah Fitrah” adalah wujud sinkronisasi antara manusia dengan seluruh mahluk semesta alam. Dan inilah yang dinyatakanNya sebagai aturan yang wajib ditepati oleh manusia, sebagaimana dinyatakan dalam surah Ar Rum 30, sebagai berikut:

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا فِطْرَةَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لا يَعْلَمُونَ.Ù£Ù


“Maka hadapkanlah wajahmu kepada Ad-Din secara penuh kecenderungan, (karena memang itulah) fitrah Allah, yang (Allah telah tetapkan) fitrah manusia atasnya. Tidak ada perubahan pada ciptaan (fitrah) Allah, demikian itulah Ad-Din yang lurus. Akan tetapi kebanyakan manusia tidak sama mengetahui”.

Maksudnya antara lain adalah, bahwa dimensi pengabdian yang ditetapkan Allah atas hambaNya yang telah menerima Nur Islam adalah suatu proses sinkronisasi manusia dengan seluruh mahluk semesta alam, karena keterkaitannya dengan masalah tasbih dan shalat [qa41s24=an nur], dan sujudnya [qa18s22=al hajj]; Inilah “Pengabdian”.

Pembahasan
Bahwa dengan keterangan yang sangat ringkas berdasarkan petunjuk dari Al Qur-an sebagaimana tersebut, dapat dipahami tentang “betapa tuntutan tertib hukum adalah merupakan suatu ketetapan yang prinsip”, dan wajib dijunjung tinggi oleh hambaNya yang telah menerima Nur Islam [qa85s3=ali imron], yang dengan itu dituntut kecondongan dirinya sebagai mukmin yang berittiba’ kepada Rasulullah dengan keterkaitannya untuk berada dalam golongan para saksi yang berserah diri dalam Islam dan sebagai anshorullah seperti dituntunkan dalam surah Ali Imron 53,yaitu:

رَبَّنَا آمَنَّا بِمَا أَنْزَلْتَ وَاتَّبَعْنَا الرَّسُولَ فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ .٥٣

“Ya Robb kami, (sesungguhnya) kami beriman dengan segala apa yang Engkau turunkan, dan kami berittiba’ kepada Rasul, maka (kami memohon semoga) Engkau masukkanlah kami beserta golongan orang-orang yang menjadi saksi (terhadap Daulah Islam Dunia yang Engkau telah janjikan)”.

Maka dalam mengambil salah satu dari tuntutan Ad-Din terhadap muslim, dalam keterkaitannya “Hari Raya ‘Idul Fitri”, bahwa diantara hikmah yang prinsip dari ibadah puasa adalah wajib mengupayakan diri menjadi hamba Allah senantiasa menyediakan dirinya bagi terwujud sinkronisasi dengan tertib hukum semesta alam, antara lain:
  1. Memahami dengan penuh penghayatan dan pengamalan terhadap kaidah Tauhid [qs.Al Ihlash].
  2. Memotivasi diri dengan motivasi rasa terpanggil [qa11-13s38=az zumar].
  3. Mengenal secara baik dan benar terhadap sosok Rasulullah SAW [qa64-65s4=an nisa].
  4. Menyiapkan diri terhadap panggilan Allah dan Rasul, dengan dilandasi oleh hati yang penuh dengan kepasrahan, dan bukan oleh nafsu [qa24s8=al anfal].

Kesemuanya tersebut adalah menjadi pokok gambaran daripada fitrah, dan merupakan isyarat dan sekaligus sebagai persyaratan bagi menjemput janji Allah.

Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
:angry::0:confused::cheer:B)
:evil::silly::dry::lol::kiss:
:D:pinch::(:shock::X
:side::):P:unsure::woohoo:
:huh::whistle:;):s:!:
:?::idea::arrow:
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Latest News

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Latest Articles

  • Ujian Bagi Penuntut Ilmu Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada muridnya: "Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua buah lautan; atau aku akan berjalan...
  • MUSLIM ADALAH SATU Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam...
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Contact Information

Panitia Mudzakarah Ulama Serumpun Melayu
Komp. Yayasan AKUIS Pusat, Jl. Raya Palembang - Betung Km. 14 Sukajadi, Talang Kelapa, Banyuasin
Palembang, Sumatera Selatan 30761
Indonesia
+62-711-432479
Fax: +62-711-432479
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
Anda dapat menyalurkan infaq anda utk menunjang program panitia melalui: Bank Syari'ah Mandiri Capem 16 Ilir Palembang No. Rek: 0980010078

Site Counters

Visits today: 427
Visits yesterday: 362
Visits this month: 7003
Visits total: 46903
Max.daily visits: 624
Max.monthly visits: 10922
- occurred: 2014-3
Pages total: 327088
Data since: 2013-08-14
Banner
Banner
Banner
Banner

Who's Online

Saat ini ada 8 tamu online

Warning: strpos() [function.strpos]: Empty needle in /home/alulama/domains/al-ulama.net/public_html/components/com_joomlastats/joomlastats.inc.php on line 396

Warning: strpos() [function.strpos]: Empty needle in /home/alulama/domains/al-ulama.net/public_html/components/com_joomlastats/joomlastats.inc.php on line 458

Login Form